Biografi Fabio Capello

Fabio Capello (lahir di San Canzian d’Isonzo, Gorizia, Italia, 18 Juni 1946; umur 65 tahun) adalah salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola dunia. Sejak Juli 2006 Capello menjadi pelatih Real Madrid, klub yang pernah ia latih pada musim 1996/97, namun telah dipecat pada 28 Juni 2007.

Nama Capello menjadi terkenal saat ia melatih AC Milan dari tahun 1991ā€”1996. Pada saat melatih AC Milan, Capello juga berhasil menaklukkan Persib Bandung dengan skor fantastis 8ā€“0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, tahun 1995 dalam laga bertajuk pertandingan persahabatan. Milan memperoleh empat gelar Seri A dan satu gelar Liga Champions pada masa itu. Setahun di Madrid, ia kembali ke Milan untuk musim 1997/98, namun kurang berhasil. Tahun 1999 ia pindah melatih AS Roma, dan Roma berhasil juara Seri A pada musim 2000/01.

Dari tahun 2004 hingga 2006, Capello juga pernah melatih Juventus. Ia diberi kepercayaan oleh The FA untuk menjadi manajer tim nasional Inggris pada 12 Desember 2008. Manajer Inggris, Fabio Capello menempati posisi teratas dalam daftar manajer terkaya di Inggris Raya. Sebelumnya, Capello juga dinobatkan sebagai pelatih bergaji tertinggi di Piala Dunia 2010. Menurut The Sunday Times, tactician 63 tahun ini memiliki kekayaan 34 juta poundsterling atau Rp 471 miliar. Capello menempati daftar terkaya untuk edisi Sport Rich List 2010.

Kontrak Capello bersama tim The Three Lions mencapai 6,5 juta pounds per tahun. Don Fabio juga menjadi manajer termahal dalam sejarah Inggris. Dalam daftar 10 besar juga terdapat Italiano lainnya, Carlo Ancelotti. Carletto yang kini membesut Chelsea berada di posisi 4.

Yang mengejutkan, kekayaan mantan gelandang dan kapten Manchester United, Roy Keane melampaui mantan bosnya, Sir Alex Ferguson. Padahal, Keane hanya melatih tim Championship Division, Ipswich Town. Dalam daftar 10 besar juga tampak nama Sven Goran Eriksson yang kini menangani Pantai Gading. Pria asal Swedia mantan manajer Inggris ini sampai 2008 masih menangani Manchester City. Pada 8 Februari 2012, Capello mengundurkan diri setelah perselisihannya dengan pejabat tinggi The FA. Fabio Capello tercatat sebagai pelatih dengan rasio kemenangan tertinggi di antara pelatih-pelatih tim nasional Inggris lainnya. Selama empat tahun kariernya di Three Lions (2008-2012), Capello menorehkan 28 kemenangan dari 42 pertandingan atau mencapai 66,7 persen.

 

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/

http://id.totalbola.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: