PENERTIAN DAN RUANG LINGKUP EKONOMI INTERNASIONAL

Pengertian Ekonomi Internasional
Ekonomi Internasional adalah Sebagai cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari dan menganalisis tentang transaanksi dan permasalahan Ekonomi Internasional (Eksport-Import) yang meliputi perdagangan dan keuanga atau moneter serta organisasi ekonomi (Swasta maupun Pemerintah) dan kerjasama ekonomi antar negara.

Sebagai bagian dari ilmu ekonomi maka Ekonomi Internasional permasalahan pokok yang ihadapi dalam Ekonomi Internasional sama dengan ilmu ekonomi, yaitu masalah kelangkaan (scanancity). Produk, dan masalah pilihan produk, yang diartikan produk adalah barang dan jasa serta ide yang dibutuhkan dan dihasilkan oleh manusia.

Masalah kelangkaan dan pilihan produk barang (barang dan jasa serta ide) munul karena adanya permintaan dan penawaran akan kebutuhan dan keinginan yang sifatnya tidak terbatas dan keinginan yang sifatnya tidak terbatas dan permintaan serta penawaran sumber daya (resonrees).

Permasalahan ekonomi tersebut dapat bersifat internasional karena adanya permintaan dan penawara yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Pentingnya studi Ekonomi Internasional karena pada saat ini pengaruh globalisasi ekonomi dunia yang ditandai ciri-ciri atau karakter yaitu:
1. Keterbukaan pasar atau liberalisasi pasar dan arus uang dan transfer teknlogi.
2. Ketergantungan ekonomi suatu negara terhadap dunia luar dimana adanya perusahaan Multi Nasional.
3. Persaingan semakin ketat antar negara atau antar perusahaan untuk meningkatkan: produktifitas, efisiensi, dan efektif yang optimal.
Sebagai konsekuensi dari globalisasi maka studi Ekonomi Internasional sangat pnting guna mengukur kemampuan suatu negara dalam kancah globalisasi.

Ruang Lingkup Ekoomi Internasional

Ruang lingkup Ekonomi Internasional dapat disimpulkan sebagi berikut:
1. Teori dan kebijaksanaan perdagangan Internasional.
2. Teori dan kebijaksanaan keuangan atau moneter Internasional.
3. Organisasi dan kerjasama Ekonomi Internasional.
4. Perusahaan Multi Nasional.

Asumsi Dasar:

1. Uang tidak terpengaruh harga relatif.
2. Jumlah faktor produksi dari setiap Negara tetap.
3. Faktor Produksi secara Intrnasional tidak dapat dipindahkan.
4. Teknologi yang tersedia sama.
5. Selera dan distri busi income dianggap sesutu yang tidak berubah.
6. Tidak ada hambatan dalam perdagangan dlam bentuk biaya transport, informasi dan komunikasi.
7. Adanya Full Employment (tidak ada yang mengganggur).



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: